Contoh Tugas:
Membuat kotak bujur sangkar dengan RoboMind, kita bisa menjelaskan konsep Computational Thinking.
1. Dekomposisi
Definisi: Memecah masalah besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikerjakan.
Dekomposisi untuk kotak bujur sangkar:
- Membuat satu sisi garis lurus.
- Belok 90 derajat setelah membuat sisi.
- Ulangi langkah tersebut sebanyak 4 kali.
- Pastikan titik awal dan akhir menyatu.
2. Abstraksi
Definisi: Fokus hanya pada hal-hal penting dan mengabaikan detail yang tidak perlu.
Abstraksi untuk tugas ini:
- Tidak perlu memikirkan warna garis atau kecepatan robot.
- Fokus hanya pada: bergerak lurus, menggambar garis, dan berbelok.
- Gunakan fungsi/pola yang bisa diulang tanpa menuliskan semua langkah satu per satu.
3. Algoritma
Definisi: Urutan langkah logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah.
Algoritma membuat kotak bujur sangkar:
- Aktifkan pena (agar robot menggambar saat bergerak).
- Ulangi 4 kali:
- Maju sejauh panjang sisi.
- Belok kanan 90 derajat.
- Maju sejauh panjang sisi.
- Selesai.
4. Pola (Pattern Recognition)
Definisi: Mengenali kesamaan atau pola yang bisa digunakan kembali.
Pola dalam tugas ini:
- Gerakan maju → belok → maju → belok → dilakukan berulang 4 kali.
- Pola ini bisa dijadikan perulangan (loop).
Berikut adalah hasil implementasi praktik dengan RoboMind:
Kode Programnya adalah sebagai berikut:
#==================================
#robot membuat kotak bujur sangkar
#---------------------------------
#map: openArea.map
#ambil posisi awal robot
west(8)
south(5)
#membuat garis dari bawah ke kenan
repeat(4){
left
paintWhite
forward(10)
}