Medan, Sumatera Utara
November 23, 2025
11 11 11 AM

Mengajarkan Berpikir Komputasional dengan RoboMind

Contoh Tugas: 

Membuat kotak bujur sangkar dengan RoboMind, kita bisa menjelaskan konsep Computational Thinking.

1. Dekomposisi

Definisi: Memecah masalah besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikerjakan.

Dekomposisi untuk kotak bujur sangkar:

  • Membuat satu sisi garis lurus.
  • Belok 90 derajat setelah membuat sisi.
  • Ulangi langkah tersebut sebanyak 4 kali.
  • Pastikan titik awal dan akhir menyatu.

2. Abstraksi

Definisi: Fokus hanya pada hal-hal penting dan mengabaikan detail yang tidak perlu.

Abstraksi untuk tugas ini:

  • Tidak perlu memikirkan warna garis atau kecepatan robot.
  • Fokus hanya pada: bergerak lurus, menggambar garis, dan berbelok.
  • Gunakan fungsi/pola yang bisa diulang tanpa menuliskan semua langkah satu per satu.

 3. Algoritma

Definisi: Urutan langkah logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah.

Algoritma membuat kotak bujur sangkar:

  1. Aktifkan pena (agar robot menggambar saat bergerak).
  2. Ulangi 4 kali:
    • Maju sejauh panjang sisi.
    • Belok kanan 90 derajat.
  3. Selesai.

4. Pola (Pattern Recognition)

Definisi: Mengenali kesamaan atau pola yang bisa digunakan kembali.

Pola dalam tugas ini:

  • Gerakan maju → belok → maju → belok → dilakukan berulang 4 kali.
  • Pola ini bisa dijadikan perulangan (loop).

Berikut adalah hasil implementasi praktik dengan RoboMind:

Kode Programnya adalah sebagai berikut:

#==================================
#robot membuat kotak bujur sangkar
#---------------------------------

#map: openArea.map

#ambil posisi awal robot
west(8)
south(5)

#membuat garis dari bawah ke kenan
repeat(4){
    left
    paintWhite
    forward(10)
}

Share and Enjoy !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *